Minggu, 02 Januari 2011

Meditasi, Cara Kilat Tajamkan Daya Ingat


Jakarta: Tidak ingin cepat pikun? Coba sediakan sedikit waktu untuk melakukan meditasi setiap hari. Pasalnya meditasi mampu menajamkan daya ingat.

Secara alami, daya ingat kita akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia. Namun sudah banyak penelitian yang menemukan berbagai manfaat meditasi bagi kesehatan, seperti meningkatkan sistem imun, meredakan stres, hingga mengerem nafsu makan. Kali ini, studi terbaru yang dimuat dalam Journal of Alzheimer’s Disease mengungkapkan bahwa meditasi juga mampu menajamkan daya ingat kita.

Pada studi tersebut, para ahli meneliti 15 relawan yang memiliki masalah penurunan daya ingat. Kemudian, semua sukarelawan diminta menjalani program meditasi Kirtan Kriya yang berasal dari tradisi yoga Kundalini, selama 8 minggu.

"Para relawan melakukan meditasi setiap hari, masing-masing selama 12 menit," kata Dharma Singh Khaisa, Direktur Medis Alzheimer’s Research dan Prevention Foudation. Tekniknya pun sangat mudah, relawan diminta untuk menyebut SA, TA, NA, MA secara perlahan, berulang-ulang, sambil menyentuh ujung ibu jari bergantian ke jemari yang lain.

Menurut Khaisa, meditasi mampu melancarkan aliran darah di otak, sehingga meningkatkan kemampuan daya mengingat. Memang hasil studi ini masih perlu diteliti lagi, namun Direktur Memory & Aging Research Center, Gary W. Small, juga setuju bahwa meditasi dapat meningkatkan konsentrasi. "Nyatanya, banyak orang jadi pelupa karena tidak mampu memusatkan pikiran," tambah Small.