Senin, 27 Desember 2010

Dua Jam Kendaraan Tak Bergerak


Sekali lagi jalur Magelang-Yogyakarta macet total gara-gara banjir lahar dingin, Ahad (26/12) sore. Lahar dingin kali ini menerjang Kali Belan di Desa Prumpung, Kecamatan Muntilan, Magelang yang terjadi setelah hujan selama beberapa jam sebelumnya. Panjang antrean kendaraan mencapai tujuh kilometer.

Meski jalan tidak ditutup, namun membuat kendaraan dari dua arah memanjang dan menumpuk. Kondisi ini berlangsung selama hampir dua jam dari pukul 17.00 WIB sampai pukul 18.45 WIB. Para pengguna jalan mengaku sangat terganggu dengan adanya kejadian ini. Alhasil mereka terlambat sampai tujuan.

Sementara itu akibat banjir lahar dingin, sebagian warga di pinggir Kali Belan ketakutan. Mereka khawatir terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Meski tak sampai mengungsi, mereka tetap was-was dan enggan masuk ke rumah sebelum banjir reda.

Kemacetan terjadi pula sebelumnya terjangan lahar dingin meluapkan Kali Putih. Banjir menggenangi jalan raya Yogyakarta-Magelang hingga membuat antrean panjang kendaraan lebih dari dua kilometer.(AIS)